Damandiri Berikan Inspirasi Ciptakan Produk Makanan Unik

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang dijalankan Yayasan Damandiri terbukti tak hanya mampu mendorong pemberdayaan swadaya di lingkup masyarakat terkecil seperti RT saja.

Lebih dari itu, program yang telah dijalankan di sebanyak 15 desa di berbagai daerah di Indonesia ini ternyata juga mampu menginspirasi warga masyarakat untuk melakukan berbagai inovasi guna menopang kemandirian perekonomian mereka.

Seperti terlihat di RT 04 Kampung Taman Candimulyo, Padukuhan Karangmojo, DCML Tamanmartani Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Sejak beberapa tahun terakhir, warga di kampung ini aktif melakukan pemberdayaan di sektor lingkungan dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif.

Selain memanfaatkan hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari, mereka juga mampu mengolah berbagai jenis hasil panen tanaman tersebut menjadi produk makanan bernilai jual tinggi. Seperti sirup bunga rosela, agar-agar, selai dan dodol kesemek Mexico, hingga teh bunga telang, dan sebagainya.

Penggerak sekaligus Ketua RT 04, Seto Legowo, mengaku, mendorong warga masyarakat menanam berbagai jenis tanaman buah di lahan pekarangan rumah masing-masing agar hasilnya bisa dimanfaatkan ibu-ibu menjadi produk makanan yang bisa dijual.

Dengan memproduksi berbagai macam makanan ini diharapkan mereka pun bisa mendapatkan pemasukan tambahan bagi keluarga.

“Semua warga kita minta menanam bunga Rosela di halaman rumah masing-masing. Biasanya efektif setiap musim hujan. Rosela ini dipilih karena mudah ditanam. Selain itu Rosela juga kaya akan manfaat, sehingga bisa diolah menjadi produk sirup kesehatan yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah, asam urat, dan sebagainya,” katanya, Rabu (22/9/2021).

Lihat juga...