Damandiri Siap Renovasi Fasilitas Umum di Desa Madura

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Keberadaan fasilitas umum serta masjid dan musala, juga tak luput dari perhatian Yayasan Damandiri. Ada 7 titik musala dan masjid serta kamar mandi yang diusulkan oleh pihak Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, untuk direnovasi.

Ketua Koperasi  Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, mengatakan Yayasan Damandiri menyatakan komitmennya untuk memperbaiki musala serta masjid dan fasilitas umum yang berada di Desa Madura. Karena itu, pihaknya kemudian melakukan pendataan, hingga pada akhirnya diusulkan 7 titik untuk renovasi, baik masjid, musala maupun kamar mandi.

“Baru dalam tahap pengajuan, total ada 7 titik yang kita ajukan ke pihak yayasan,” kata Puji Heri, Selasa (28/9/2021).

Lebih lanjut Puji Heri menjelaskan, untuk tiap titik, anggaran yang diajukan berbeda, tergantung tingkat kerusakan serta kondisi bangunan yang harus diperbaiki.

Ia mencontohkan, untuk renovasi kamar mandi salah satu masjid, pihaknya mengusulkan anggaran Rp7,5 juta.

“Yang kita usulkan untuk diperbaiki adalah yang kondisinya memang perlu perbaikan atau ada kerusakan, kita sudah melakukan survei, sehingga sampai pada 7 titik tersebut,” terangnya.

Pengurus Masjid Jami Al Falah Desa Madura, Sakiman, mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih, masjid Jami Al Falah ikut diusulkan untuk direnovasi. Meksipun kondisi masjid masih baik dan bisa dipergunakan untuk beribadah, namun pada beberapa bagian memang memerlukan renovasi.

“Kalau soal bangunan yang paling membutuhkan renovasi adalah bagian atap, terlebih sebentar lagi masuk musim hujan, sekarang saja sudah sering turun hujan yang cukup lebat,” tuturnya.

Lihat juga...