Terkendala Ketersediaan, Capaian Vaksinasi Pelajar di Gunungkidul 62 Persen

GUNUNGKIDUL — Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan capaian vaksinasi COVID-19 remaja sebesar 62 persen karena terkendala ketersediaan vaksin Sinovac.

“Sampai hari ini, vaksinas remaja untuk dosis pertama sudah 62 persen dan untuk dosis kedua ada 5,9 persen,” kata Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawaty di Gunungkidul, Minggu (5/9/2021).

Ia mengatakan pihaknya melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 terhadap remaja khususnya pelajar. Semua itu, agar saat pembelajaran tatap muka (PTM) di Gunungkidul mendapat lampu hijau maka sekolah-sekolah sudah siap menggelarnya.

“Pelaksanaan vaksinasi bagi remaja cukup mudah dalam vaksinasi COVID-19, sehingga capaiannya cukup tinggi dibandingkan dengan sasaran lainnya, seperti masyarakat umum dan lansia,” katanya.

Menyoal kendala selama vaksinasi remaja, ia mengaku sempat ada namun saat ini sudah terkendali. Bahkan, untuk mengatasi kendala itu pihaknya harus menggandeng TNI/Polri.

“Kendala awalnya pada vaksin. Karena harus jenis Sinovac dan kita kehabisan. Jadi harus kolaborasi dengan TNI, Polri dan yang lain-lain yang punya Sinovac,” kata Dewi Irawaty.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Ali Ridlo mengatakan pihaknya mendukung percepatan vaksinasi pelajar di Gunungkidul.

“Kami berharap setelah semua selesai bisa melakukan pembelajaran tatap muka,” katanya. (Ant)

Lihat juga...