Warga Kota Batu Sukses Usaha Jambu Kristal Organik

Editor: Koko Triarko

BATU – Berawal dari keinginan untuk mengubah usaha pertanian agar lebih profesional, Rakhmad Hardiyanto (35) rela meninggalkan pekerjaannya untuk fokus menjalankan usaha budi daya jambu kristal Taiwan secara organik sejak 2012.

Kini, di usianya yang masih muda, Hardi terus menambah jumlah pohon yang awalnya hanya 60 pohon menjadi 8.000 lebih pohon. Bahkan, saat ini ia dibantu 17 karyawan tetap untuk mengembangkan usaha budi daya jambu kristal.

Diceritakan Hardi, keinginannya untuk terjun ke dunia pertanian muncul setelah melihat potensi pertanian di desa Bumiaji, kota Batu, khususnya pertanian jambu kristal yang dibudidayakan mertuanya, Imam Gozali, sejak 2008. Menurutnya, potensi budi daya jambu kristal sebenarnya sangat luar biasa jika bisa dikelola secara manajerial.

“Akhirnya saya keluar dari pekerjaan, dan menyampaikan ke mertua keinginan untuk mengubah wajah pertanian ke arah profesional manajemen. Alhamdulillah, mertua saya setuju dan akhirnya kami memulai wirausaha di bidang pertanian ini,” ceritanya, saat ditemui Cendana News di kebunnya yang berada di desa Bumiaji, Kota Batu, Minggu (12/9/2021).

Sadar tidak memiliki latar belakang pertanian, Hardi yang merupakan seorang sarjana teknik ini memulai usahanya melalui pendekatan pemasaran dengan menjadi petani hilir.

Kebun jambu kristal di desa Bumiaji, kota Batu, Minggu (12/9/2021). -Foto: Agus Nurchaliq

“Jadi, saya jualan dulu. Bagaimana cara memasarkan, cara mengemas, bagaimana cara mendeliver produk ini sampai ke retail modern, konsumen dan end user, itu yang saya lakukan di awal usaha,” akunya.

Lihat juga...