Atasi Masalah Lambung, Warga Arjasari Konsumsi Singkong Mentah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Sebelum dunia kesehatan berkembang pesat seperti saat ini, ternyata masyarakat di pedesaan telah memiliki berbagai metode pengobatan alternatif untuk mengatasi penyakit yang mereka alami, salah satunya mengobati penyakit lambung dengan mengonsumsi singkong mentah.

Maulana (47), warga Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat misalnya. Ia mengaku kerap menggunakan metode tersebut saat menderita gejala penyakit lambung, seperti nyeri ulu hati, kembung, maupun mual.

Singkong mentah dipercaya oleh masyarakat Arjasari bisa mengatasi masalah lambung jika dikonsumsi, Jumat (29/10/2021) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto: Amar Faizal Haidar

“Berdasarkan pengalaman saya makan singkong mentah itu bagus untuk mengobati penyakit lambung atau maag, kadang langsung terasa efeknya, nyeri ulu hati bisa cepat hilang,” ujar Maulana kepada Cendana News, Jumat (29/10/2021) di kediamannya.

Maulana mengatakan, agar lebih berkhasiat, pilih singkong yang masih muda, yang ditandai pada kulit dalam singkong yang berwarna agak kemerahan. Lalu dicuci bersih dan dilap kering.

“Makannya jangan terlalu banyak, sewajarnya sajalah. Memang tidak ada takaran khusus, tapi dikira-kira saja, yang penting tidak kebanyakan,” ucap Maulana.

Menurut Maulana, metode pengobatan lambung dengan singkong mentah ini merupakan ajaran turun-temurun yang diwariskan oleh orang-orang tua dulu kepada anak-anak mereka.

“Banyak sebetulnya ilmu orang tua kita dulu, termasuk mengonsumsi daun pucuk pepaya itu juga bagus buat obat penambah nafsu makan. Cuma memang karena sudah banyak klinik, puskesmas, dan dokter umum, makanya orang jarang pakai metode begini, kebanyakan makan obat-obatan saja,” tandas Maulana.

Lihat juga...