Empat Koleksi Terfavorit Museum Bikon Blewut di Maumere

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Museum Bikon Blewut di Kompleks STFK Ledalero, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menyimpan ribuan koleksi dan terdapat 4 koleksi favorit.

“Ada 4 koleksi favorit dan mendunia yang ada di museum ini yang selalu jadi sumber penelitian,” sebut penjaga Museum Bikon Blewut, Endi Padji, saat dihubungi, Minggu (17/10/2021).

Endi memaparkan, koleksi yang mendunia berupa Fosil Manusia Purba Flores, Fosil Gajah Purba Flores, Keris Perunggu dari Kebudayaan Dongson dan koin tua zaman Raja Alexander Agung dari Yunani.

Ia menyebutkan, ada artefak hasil penemuan Pater Verhoeven  berupa batu-batu yang dulu digunakan sebagai alat kerja dan senjata di zaman paleolitichum, mesolitichum dan neolithicum.

Ada juga alat kerja atau senjata dari zaman logam awal yang terbuat dari perunggu berbentuk keris, yang merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Di Asia tersimpan satu di Dongson, Vietnam Utara.

“Alat kerja berbentuk keris ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Selama ini hanya ditemukan dalam lukisan di bebatuan yang ada di beberapa wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Endi mengatakan, muesum juga mengoleksi fosil-fosil gajah purba dan manusia purba dari Liang Bua Flores, disertai tembikar yang ditemukan di dalam gua tersebut.

Dia menjelaskan, manusia purba Flores diperkirakan pernah hidup 3.000 tahun sampai 1.000 tahun yang lalu, dan fosilnya ditemukan pada 1954 dan dikoleksi di museum pada 1965.

Dirinya menambahkan, gajah purba Flores diperkirakan pernah hidup di Flores 300 ribu tahun yang lalu.

“Dengan ditemukan fosil ini, maka mematahkan teori Wales yang mengatakan penyebaran fauna Asia termasuk gajah, hanya sampai Bali dan Lombok. Ternyata gajah purba juga ada di Timor dan Sumba, selain di Flores,” tegasnya.

Lihat juga...