Mahasiswa UPGRIS Ajari Cara Buat Hand Sanitizer

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Penerapan protokol kesehatan (prokes), menjadi upaya dalam  pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk di antaranya mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Hal tersebut mendorong para mahasiswa baru Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), mengajak masyarakat untuk menerapkan prokes dengan disiplin, sekaligus mengajak menggunakan hand sanitizer buatan sendiri.

“Selain menggunakan sabun, hand sanitizer ini diperlukan untuk membersihkan tangan dari kuman atau virus. Ini menjadi upaya untuk menjaga kebersihan tangan, sekaligus melindungi diri dari paparan Covid-19,” papar Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, SH., M.Hum., di sela kegiatan pembuatan hand sanitizer secara massal di kampus IV, Jalan Gajah Raya Semarang, Jumat (1/10/2021).

Dipaparkan, hand sanitizer tersebut juga nantinya akan tetap diperlukan, meski pandemi Covid-19 sudah tidak ada lagi, sebab sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat.

Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, SH., M.Hum., bersama mahasiswa baru, membuat hand sanitizer non alkohol, dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring terbatas di kampus IV, Jalan Gajah Raya Semarang, Jumat (1/10/2021). -Foto: Arixc Ardana

“Untuk itu, kita ingin ikut serta dalam mengedukasi masyarakat terkait gaya hidup sehat dengan penerapan prokes. Termasuk menggunakan hand sanitizer yang bisa dibuat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang ada. Uniknya lagi, hand sanitizer ini tidak menggunakan alkohol, namun dapat berfungsi secara optimal layaknya hand sanitizer dengan alkohol,” tambahnya.

Lihat juga...