Stasiun Meteorologi SAMS Deteksi Keberadaan 66 Hotspot di Kaltim

Hasil screenshot dari pantauan hotspot yang dikeluarkan oleh Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan, Minggu (24/10/2021) - foto Ant

BALIKPAPAN – Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), mendeteksi adanya 66 titik panas (hotspot), yang tersebar di tujuh kabupaten di Kaltim.

“Ketujuh kabupaten tersebut adalah Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, dan Berau,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti, Minggu (24/10/2021).

Rinciannya, di Kabupaten Paser ada delapan hotspot, Penajam Paser Utara ada dua hotspot, Kutai Barat merupakan kawasan yang hari ini terpantau paling banyak dengan 40 hotspot. Kemudian di Kabupaten Mahakam Ulu, kawasan yang berbatasan dengan Malaysia bagian timur ditemukan enam hotspot.

Di Kutai Timur dengan lima hotspot, Kutai Kartanegara dengan empat hotspot, dan Kabupaten Berau dengan satu hotspot. Untuk delapan hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Paser, enam diantaranya berada di Kecamatan Batu Sopang dan dua hotspot berada di Kecamatan Muara Komam. Masing-masing memiliki kode delapan atau dengan tingkat kepercayaan menengah.

Erika menambahkan, untuk dua hotspot yang terdeteksi di Penajam Paser Utara, keduanya berada di Kecamatan Penajam dengan tingkat kepercayaan menengah. Di Kutai Barat yang terdeteksi 40 hotspot, tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Damai terdeteksi 10 hotspot, di Kecamatan Jempang ada tiga hotspot, dan di Kecamatan Linggang Bigung ada dua hotspot.

Berikutnya di Kecamatan Long Iram terdapat satu hotspot, Kecamatan Muara Lawa terdeteksi delapan hotspot, Kecamatan Nyuatan terdeteksi tujuh hotspot, dan di Kecamatan Siluq Ngurai terdeteksi sembilan hotspot. Semuanya dengan tingkat kepercayaan menengah.

Lihat juga...