Warga Kampung Iklim Tlogomas Olah Sayur Menjadi Permen

Editor: Maha Deva

Anggota tim Kedaireka ITN Malang, Dra Siswi Astuti, MPd menjelaskan cara pembuatan permen sayur di Kampung Iklim Tlogomas, Sabtu (16/10/2021). Foto: Agus Nurchaliq 

MALANG – Berbekal ilmu dari pelatihan yang diberikan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, warga Kampung Iklim, kini mampu mengolah aneka sayur hidrophonik menjadi permen jelly.

Sama seperti permen jelly pada umumnya, permen sayur buatan Ibu-ibu di RW 07 Tlogomas, Kota Malang, memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, dengan tekstur kenyal. Anggota tim Kedaireka ITN Malang, Dra Siswi Astuti, MPd,. mengatakan, pada prinsipnya pembuatan permen jelly sayur mudah sekali. Terpenting, yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya adalah kekentalan dari sari sayur yang digunakan.

Anggota tim Kedaireka ITN Malang, Dra Siswi Astuti, MPd menjelaskan cara pembuatan permen sayur di Kampung Iklim Tlogomas, Sabtu (16/10/2021). Foto: Agus Nurchaliq

Sari sayur bisa diperoleh dengan cara diblender. “Kali ini kami menggunakan sari sayur sawi dan tomat,” sebutnya usai memberikan pelatihan kepada Ibu-ibu di kampung sensasi, Sabtu (16/10/2021).

Untuk membuat sari sawi diperlukan 100 gram sawi yang diblender dicampur dengan air. Penambahan air dilakukan sedikit demi sedikit, sampai mencapai 200 ml. Sedangkan untuk sari tomat, dibutuhkan tomat sebanyak 400 gram yang bisa langsung diblender dan disaring hingga menjadi 200 ml.  “Intinya bahan cairnya tidak boleh lebih dari 200 ml. Kuncinya ada di situ, untuk mendapatkan kekenyalan yang diinginkan,” ungkapnya.

Setelah sari sayuran didapat, kemudian campurkan dengan bahan lainnya, yang mudah didapatkan di toko bahan kue. Diantaranya gelatin, agar-agar, gula pasir, glukosa, sari jeruk dan asam sitrat. Masak semua bahan tersebut menggunakan api kecil, sambil diaduk sampai homogen dan kental.  “Memasaknya tidak boleh sampai mendidih supaya kandungan vitamin pada sayur tidak hilang. Jadi kita memasak dengan suhu 70 derajat celsius,” jelasnya.

Lihat juga...