Di NTT, Masih Dijumpai Penangkapan Ikan Gunakan Kompresor

Editor: Makmun Hidayat

“Ini akan berakibat kepada dekompresi akut bagi nelayan apalagi nelayan menggunakan kompresor yang biasa dipergunakan untuk memompa ban yang mereka modifikasi lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Eman salah seorang warga Desa Bubu Atagamu Solor Selatan menyebutkan, aktivitas nelayan yang menggunakan kompresor masih terjadi di Flores Timur.

Eman menjelaskan, saat dirinya bersama beberapa temannya sedang menyelam dan memanah ikan di perairan bagian barat Flores Timur tepatnya di ujung barat Pulau Solor, terdapat sekitar 4 nelayan sedang menyelam menggunakan kompresor.

“Kemarin malam sekitar pukul 22.30 WITA di sekitar pulau tiga wilayah Solor Barat ada kejadian salah satu kapal membawa sekitar 4 orang penyelam. Mereka menyelam menggunakan kompresor,” ujarnya.

Eman menambahkan, di atas kapal yang diduga berasal dari Kabupaten Sikka atau Ende tersebut, juga terdapat beberapa nelayan yang sedang berjaga-jaga.

Dirinya pun melaporkan hal tersebut ke grup Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Flores Timur dan meminta agar aparat berwenang menindaklanjuti laporan tersebut.

“Mohon ditindaklanjuti karena kami nelayan dari  Kecamatan Solor Selatan khususnya Desa Bubu Atagamu merasa terganggu dengan keberadaan mereka. Menurut informasi dari masyarakat Desa Lamawohong diduga nelayan tersebut berasal dari Kabupaten Sikka atau Ende,” ucapnya.

Lihat juga...