Penangkapan Ikan Invasif di Sungai Bedog, Jaga Kelestarian Ikan Endemik

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sebagai upaya menjaga ekosistem serta kelestarian habitat sungai, sejumlah pihak bersama elemen masyarakat menggelar kegiatan bersih sungai sekaligus penyebaran benih ikan lokal endemik di kawasan Sungai Bedog, Kaliabu, Banyuraden, Gamping, Sleman, Rabu (10/11/2021). 

Selain membersihkan kawasan sungai dari sampah rumah tangga dan ranting-ranting pohon, mereka juga melakukan kegiatan penangkapan ikan invasif, yang selama ini banyak terdapat di Sungai Bedog. Yang dikhawatirkan dapat mengancam kelestarian ikan-ikan endemik/ikan lokal yang terdapat di sungai tersebut.

Direktur Polairut Polda DIY, Kombes Pol Nurodin SIK MH, Rabu (10/11/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana

Direktur Polairut Polda DIY, Kombes Pol Nurodin, SIK, MH, menegaskan pihaknya bersama jajaran terkait seperti Dinas Perikanan dan Kelautan, Balai Karantina Ikan, hingga relawan maupun komunitas pelestari lingkungan, berkomitmen untuk senantiasa menjaga kondisi lingkungan sungai. Baik itu dari sampah rumah tangga, maupun ikan invasif yang kerap dilepaskan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengkampanyekan pada masyarakat, agar kita bisa bersama-sama menjaga lingkungan sungai, sehingga habitat dan ekosistemnya bisa selalu terjaga,” katanya.

Kabid Kelautan Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY, Juwarti, ST, MSi, mengakui menurunnya jumlah populasi serta keanegaraman hayati kawasan perairan umum daratan. Baik itu sungai embung maupun waduk.

Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari pencemaran sungai akibat limbah rumah tangga dan industri. Hingga peredaran ikan invasif yang kerap dilepasliarkan masyarakat sehingga mengganggu habitat ikan lokal.

Lihat juga...