10 Musala di Desa Bantaragung-Majalengja Direnovasi

Editor: Koko Triarko

MAJALENGKA – Seperti halnya Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) lainnya, Desa Bantaragung di kecamatan Sindangwangi, kabupaten Majalengka, Jawa Barat, juga mendapatkan program bantuan renovasi musala dan masjid dari Yayasan Damandiri.

Manajer Umum Koperasi Cipta Agung Mandiri, Heriyanto,  mengatakan terdapat 10 unit musala di desanya yang direnovasi, khususnya pada bagian toilet dan tempat wudhu. Renovasi atau perbaikan ini dilakukan dengan memanfaatkan dana bantuan Yayasan Damandiri sebesar Rp27.657.000.

“Untuk DCML Bantaragung total terdapat 10 tempat ibadah yang direnovasi. Seluruhnya merupakan musala. Khususnya pada fasilitas tempat wudhu maupun toilet,” ungkapnya.

Menurut Heri, selama ini kondisi sejumlah tempat wudhu dan toilet musala di desa Bantaragung pada umumnya kurang layak. Minimnya perawatan, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sejumlah kerusakan pada fasilitas musala tersebut. Bahkan, terdapat sejumlah musala yang belum memiliki toilet ataupun tempat wudhu sama sekali.

“Selain terkesan kotor dan kumuh karena masih berlantai tanah, atau hanya plesteran semen biasa, beberapa musala di Bantaragung ini juga sebagian belum memiliki WC. Bahkan, ada pula musala yang tidak memiliki fasilitas tempat wudhu sama sekali,” katanya.

Diajukan sekitar akhir bulan Oktober 2021 dan direalisasikan pada November 2021 lalu, Program Bantuan Sosial berupa renovasi tempat wudhu dan WC musala di Bantaragung dikerjakan di sejumlah lokasi. Meliputi 5 wilayah dusun, antara lain blok Babagan, blok Cibaduyut, blok Baturoke, blok Cirumput, dan blok Gibuk.

Menurut Heri, berkat adanya Program Bantuan Sosial itu, kini kondisi 10 musala di desa Bantaragung makin bersih dan nyaman. Hal ini pun diharapkan akan mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk beribadah kepada Tuhan YME.

Lihat juga...