Domba Mega, Bertanduk Menawan dan Bobot Bisa 100 Kilogram

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Saat ini tak sedikit peternak saling berlomba-lomba untuk menghasilkan beragam jenis domba unggulan yang memiliki kelebihan, baik itu dari sisi bobot, postur maupun tampilan. 

Salah satu jenis domba unggulan yang berhasil dibentuk adalah domba Mega. Selain digemari karena bobotnya yang sangat besar, domba ini juga disukai karena tampilannya yang menawan.

Salah seorang peternak dari Tirtoadi, Mlati, Sleman, Ari Wibowo, menjelaskan domba Mega merupakan hasil persilangan antara domba Merino serta domba Garut.

Domba ini memiliki ciri antara lain bulu yang tebal seperti Merino, namun memiliki tanduk besar melingkar seperti domba Garut.

Domba Mega dibuat untuk menghasilkan domba yang berpostur besar, namun tetap memiliki taduk menawan,”

“Biasanya, domba Mega dibentuk dengan indukan betina Merino dan pejantan Garut. Sehingga akan dihasilkan domba dengan postur besar seperti Merino, tapi memiliki tanduk seperti Garut,” katanya Senin (21/2/2022).

 

Menurut Ari, kelebihan dari domba Mega adalah bentuk tubuhnya yang besar dengan bobot maksimal bisa mencapai 100 kilogram.

Tak hanya itu, domba ini juga memiliki pertumbuhan yang cepat serta perawatan mudah. Kelebihan lain tentu saja tanduknya yang besar melingkar sehingga tampak menawan.

“Biasanya, domba Merino hanya memiliki tanduk kecil. Padahal, tak sedikit orang menyukai domba yang bertanduk bagus. Sehingga domba dengan tanduk bagus memiliki nilai jual lebih tinggi,” katanya.

Dengan berbagai kelebihannya itu, domba Mega pun memiliki nilai jual sangat tinggi di pasaran. Yakni berkisar antara Rp6-7 juta tergantung bobotnya.

Selain kerap dimanfaatkan sebagai indukan, domba mega juga kerap dijadikan hewan kurban kelas premium oleh umat muslim.

Lihat juga...