Sambut Milad 40 Tahun Masjid YAMP, Pengurus DIY Gelar Studi Banding

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Dalam rangka memperingati Milad 40 tahun Masjid YAMP (Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila), Forum Silaturahmi Takmir Masjid (Formi) YAMP DIY akan melaksanakan Kunjungan Study Banding di 2 tempat yaitu Masjid YAMP Baitushomad Tegalombo dan Masjid Agung Al Fallah Kabupaten Pacitan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 mendatang.

Ketua Pengurus Forum Silaturahmi Masjid YAMP DIY, H.Suripto, SH, MSi. Foto: Jatmika H Kusmargana

Diikuti sebanyak 35 orang peserta, kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar pengurus masjid YAMP di seluruh Indonesia, sekaligus sharing pengalaman maupun ilmu pengelolaan masjid demi memakmurkan dan menjaganya eksistensi Masjid YAMP di setiap wilayah khususnya di DIY.

Ketua Pengurus Forum Silaturahmi Masjid YAMP DIY, H.Suripto, SH, MSi, mengatakan Forum Silaturahmi Takmir Masjid (FORMI) YAMP DIY, didirikan sejak tahun 2007 lalu dengan tugas dan fungsi untuk mengkoordinir seluruh masjid YAMP yang ada di DIY, sebanyak 25 Masjid. Koordinasi ini diperlukan dalam upaya menjaga masjid YAMP agar tetap eksis dan terpelihara dan dikelola dengan baik.

“Agar bisa dikelola dengan runtut dan tertib perlu organisasi turunan YAMP Pusat yang ada didaerah, sehingga kegiatan bimbingan dan pembinaan menjadi lebih mudah untuk dikoordinasikan. Terlebih pengelolaan dan pemeliharaan masjid YAMP telah diserah terimakan dari YAMP ke DKM atau Dewan Ketakmiran Masjid setempat,” ungkapnya.

Untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam pengelolaan masjid itulah Formi Yamp DIY terus berupaya melakukan berbagai hal. Mulai dari menggerakkan jamaah di masing masing masjid YAMP, memelihara bagunan fisik masjid maupun melakukan pengembangan lainnya.

Lihat juga...