DIY Dorong Pencapaian Target Vaksinasi Booster Bagi Lansia dan Remaja

Editor: Koko Triarko

Cendana News, YOGYAKARTA – Pemerintah DIY bersama pihak terkait terus mendorong pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat.

Hal itu mengingat vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan menjadi salah-satunya cara paling ampuh untuk menekan penyebaran Covid-19.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol R Slamet Santoso SIK, mengatakan bersama pihak-pihak terkait  jajarannya saat ini tengah mendorong pemaksimalan vaksinasi booster, khususnya bagi lansia dan remaja.

“Kita akan terus optimalkan kegiatan vaksinasi massal. Karena vaksinasi dan prokes merupakan syarat mutlak untuk bisa menurunkan pandemi,” ujarnya di sela kegiatan vaksinasi massal di Kampus Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), Rabu (16/3/2022).

Dia mengatakan, pada vaksinasi massal di Kampus Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) tersebut pihaknya menargetkan 16.500 peserta.

Menurut Wakapolda, capaian vaksinasi dosis tahap I sudah mencapai 100 persen lebih.

Sementara untuk vaksinasi tahap II hingga saat ini telah mencapai sekitar 98 psrsen.

Bahkan, untuk vaksinasi dosis ketiga saat ini tercatat menduduki peringkat 3 di seluruh wilayah Indonesia dengan angka 16,5 persen.

“Kerena itu kita akan terus kejar (vaksinasi massal bagi masyarakat). Khususnya untuk lansia dan remaja,” katanya.

Wakapolda pun menyampaikan berdasarkan data yang ada, tren penambahan kasus positif Covid-19 di DIY mulai menurun sejak seminggu terakhir.

Meski saat ini status DIY masih di Level IV, namun kecenderungannya kasus positif semakin menurun dan kasus kesembuhan terus meningkat.

“Sampai hari ini yang terkonfirmasi ada 850 orang. Jumlah ini sudah turun dari minggu lalu. Angka kesembuhan juga semakin tinggi, yakni mencapai 1.600 orang. Sedangkan untuk kasus meninggal juga mulai menurun menjadi 20 orang,” bebernya.

Lihat juga...