Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Wilayah Nias Selatan

Cendana News, JAKARTA – Gempa magnitudo 6,9 mengguncang wilayah Pantai Selatan Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/3/2022) pukul 04.09 WIB.

BMKG melaporkan gempa dengan parameter update magnitudo M6,7 berlokasi di laut pada jarak 6 kilometer arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara, di kedalaman 25 km.

Gempa ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng, dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Getaran gempa terasa di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, dan Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kemudian di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, dan Pariaman dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci,  Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, dan Solok dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Sementara itu hingga pukul 05.10 WIB, BMKG dalam rilisnya juga mencatat terjadi empat kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar M6.0.

BMKG menyatakan, gempabumi ini tidak beroptensi tsunami, dan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dana waspada. Menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat oleh gempa.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya pada informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Lihat juga...