Koperasi Bantu Atasi Kelangkaan Minyak Goreng di Tasikmalaya

Editor: Koko Triarko

TASIKMALAYA – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) turut berkontribusi mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga bahan pokok yang terjadi sejak beberapa waktu ini.

Damandiri melalui koperasi binaannya di daerah menghadirkan bahan pokok murah dengan harga terjangkau. Salah satunya di di desa Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Melalui Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yayasan Damandiri mendatangkan langsung minyak goreng murah bersubsidi kepada warga tersebut.

Manajer Umum KUD Amanah Galunggung Mandiri, Yana Khairul Taufik Ismail, menjelaskan, pada awalnya koperasi mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat tentang kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng.

Kemudian, mereka meminta koperasi agar bisa mendatangkan minyak goreng murah.

“Kita menyampaikan hal itu ke pihak KBSM dan Yayasan Damandiri selaku pembina, dan mereka setuju,” kata Yana.

Dia menjelaskan, dengan adanya program pengadaan minyak goreng murah ini nantinya koperasi bisa menjual minyak goreng murah murah.

Menurut Yana, program kerja sama antara koperasi dengan KBSM ini berbentuk kemitraan.

Ada beberapa koperasi binaan Yayasan Damandiri di sejumlah desa binaan yang terlibat.

“Khususnya, koperasi yang memiliki unit usaha Warung Kita,” katanya.

Yana juga menyampaikan, jika nantinya pihak koperasi selaku distributor mungkin tidak perlu mengeluarkan modal dalam pengadaan minyak goreng ini.

Pasalnya, pabrik akan langsung memasok minyak goreng melaui lewat KBSM, dengan sistem pembayaran di akhir dan pembagian keuntungan 60-40 persen.

“Tentu, program-program semacam inilah yang sangat dibutuhkan koperasi. Yakni, program yang mampu memberikan solusi bagi persoalan riil masyarakat,” kata Yana.

Lihat juga...