Dinkes DIY Libatkan Swasta Perkuat Peran Puskesmas Cegah KLB PD3I

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pandemi Covid-19 selama dua tahun ini menyebabkan turunnya kinerja surveilans PD3I atau penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Menurunnnya kinerja surveilans PD3I terjadi secara nasional, termasuk di Yogyakarta. Penemuan kasus, pencatatan dan pelaporan kasus PD3I mengalami penurunan cukup signifikan.

Hal ini menjadi kekhawatiran, karena akan menurunkan pula kewaspadaan dini dan pemantauan risiko terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I.

Sementara itu, penemuan kasus sedini mungkin oleh fasilitas kesehatan dasar menjadi salah satu kunci kewaspadaan dini terhadap risiko KLB.

Puskesmas masih menjadi ujung tombak fasilitas pelayanan dasar bagi masyarat, yang berperan penting dalam penemuan kasus PD3I tersebut.

Namun, sebagian besar puskesmas di Yogyakarta masih terbatas jam pelayanannya.

Jam kerja puskesmas yang terbatas itu membuat masyarakat lebih memilih unit-unit pelayanan kesehatan swasta (UPS).

Karena itu, Dinas Kesehatan DIY menggandeng unit-unit pelayanan kesehatan swasta (UPS) untuk memperkuat peran puskesmas.

Klinik-klinik swasta (UPS) diharapkan berkoordinasi dan melaporkan adanya temuan kasus PD3I ke puskesmas atau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Dengan cara tersebut, diharapkan deteksi dini dan adanya PD3I yang berpotensi menjadi KLB bisa dicegah.

Sumber: Dinkes DIY

Lihat juga...