GKSB Parlemen Indonesia-Korsel Usul Kerja Sama ‘Smart Farming’

JAKARTA, Cendana News – Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen Indonesia-Korea Selatan menerima kunjungan Anggota Parlemen Korea Selatan Yun Ho Jung, Seo Sam Seog dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae Sung di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). Rombongan diterima Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR-Korsel Edward Tannur, Anggota GKSB Desy Ratnasari dan Effendy Sianipar.

Dalam pertemuan tersebut, Edward Tannur mengapresiasi hubungan bilateral yang telah terjalin selama hampir 50 tahun. Bagi Indonesia, Korea Selatan merupakan mitra strategis untuk menjalin berbagai kerjasama mulai dari sektor politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan dan pertanian.

Di sektor pertanian, Edward mengapresiasi langkah pemerintah Korea yang memberikan insentif kepada pemuda-pemuda untuk mau kembali ke desa dan menekuni sektor pertanian. Ia menilai, Indonesia harus mampu belajar dari sistem smart farming dengan teknologi tinggi sehingga ramah lingkungan.

Menurutnya, ke depan Indonesia tidak hanya mengandalkan pertanian konvensional, tetapi juga digitalisasi pertanian. Terlebih lagi, lanjut Edward, pemerintah sedang mengembangkan program food estate. Karenanya, ia mengusulkan adanya pertukaran informasi dan sharing experience antara ahli pertanian kedua negara.

“Jadi dari Korea belajar keadaan alam Indonesia dan prospek yang bisa dikembangkan dan petani kita kesana untuk belajar pemanfaatan teknologi untuk pertanian. Mereka di sana lahannya dikit tapi efektif dan efisien, sementara kita disini lahannya luas tetapi produktivitasnya tidak maksimal,” jelas politisi dapil Nusa Tenggara Timur ini, seperti disadur dari Parlementaria.

Lihat juga...