Pemda DIY prioritaskan anggaran penanganan kesehatan di RAPBD 2023

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pemda DIY masih mengalokasikan anggaran prioritas pertama pada penanganan kesehatan dan hal lain yang terkait kesehatan dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023.

Prioritas lain Pemda DIY dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023 adalah penanganan dampak ekonomi. Terutama menjaga agar dunia usaha daerah masing-masing tetap hidup.

Adapun priottas ketiga Pemda DIY dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023 adalah penyediaan jaring pengaman sosial atau social safety net.

Hal tersebut dengan asumsi dalam RAPBD DIY Tahun Anggaran 2023 sebagai berikut.

Pertama pertumbuhan ekonomi berkisar antara 5,34 sampai 5,8 persen.

Kedua, tingkat inflasi berkisar antara 2,51 sampai 2,73 persen.

Ketiga adalah angka kemiskinan berkisar antara 10,5 dan 10,74 persen.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, mengungkapkan hal itu saat membacakan Penjelasan Gubernur DIY tentang Nota Keuangan RAPBD DIY Tahun Anggaran 2023 di Ruang Sidang Paripurna, DPRD DIY, Yogyakarta, Kamis (8/9/2022).

Dalam acara tersebut, Sri Paduka juga mengatakan kebijakan umum pendapatan daerah diarahkan pada peningkatan kemampuan keuangan daerah.

Hal ini akan mendorong peranan investasi masyarakat dalam pembangunan dengan menghilangkan kendala yang menghambat. Selain itu, mampu meningkatkan investasi dan daya saing.

Belanja daerah pun diutamakan untuk memenuhi mandatory spending, yaitu belanja yang sudah diatur oleh undang-undang untuk mengurangi masalah ketimpangan sosial dan ekonomi daerah.

Sri Paduka mengatakan, kebijakan pembiayaan pembangunan diarahkan pada upaya membangun investasi di daerah, khususnya pengeluaran pembiayaan.

Lihat juga...