Pemkab Sleman perbaharui layanan dokumen kependudukan online

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pemerintah Kabupaten Sleman terus menambah jumlah layanan dokumen kependudukan untuk memudahkan masyarakat.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan penambahan layanan dokumen kependudukan merupakan upaya memperbaharui layanan dukcapil online.

Dia mengatakan, jumlah layanan dokumen kependudukan semula hanya 7 dan kini menjadi 11 layanan.

Dengan meningkatnya jumlah layanan ini dia berharap bisa menaikkan tingkat kesadaran masyarakat mengurus dokumen kependudukan.

Selain itu, Kustini menekankan pula perlunya peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas mitra layanan dalam menggunakan aplikasi dukcapilonline.

Kustini berharap melalui kegiatan ini aduan dan hambatan penggunaan layanan administrasi kependudukan bisa diminimalisir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Susmiarto mengatakan layanan ini didukung oleh 9 fasilitas kesehatan dan 21 kalurahan yang ada di Sleman.

Melalui pos pelayanan dan jumlah layanan dokumen kependudukan yang bertambah, Susmiarto berharap masyarakat bisa semakin mudah memenuhi kebutuhannya.

Menurut Susmiarto, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman juga mencanangkan beberapa inovasi lain.

Mulai dari pos pelayanan dokumen kependudukan, program jemput bola dokumen kependudukan bagi masyarakat sakit berat, lanjut usia, penyandang difabilitas, dan orang dengan gangguan jiwa.

Dengan berbagai inovasi itu pihaknya berharap cakupan kepentingan kependudukan dan akurasi data bisa meningkat.

“Hal itu karena data dan dokumentasi kependudukan begitu banyak digunakan instansi untuk berbagai kebutuhan,” ujar Susmiarto.

Lihat juga...