Posyandu makin penting di tengah beragamnya tantangan kesehatan

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Posyandu makin dirasa penting keberadaannya seiring kian beragamnya tantangan kesehatan.

Tantangan kesehatan terus berubah di setiap masa sehingga Posyandu menjadi penitng.

Posyandu memiliki peranan penting dalam menghadapi tantangan kesehatan, juga karena puskesmas dan rumah sakit tidak bisa bekerja sendirian.

Dibutuhkan sebuah lembaga atau institusi yang lebih dekat dengan masyarakat, untuk menjalankan fungsi promotif dan preventif bidang kesehatan.

Satu-satunya lembaga yang bisa diandalkan dalam hal ini adalah pos pelayanan terpadu atau posyandu.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan posyandu merupakan institusi yang sangat penting dalam sistem pembangunan kesehatan di Kabupaten Bantul.

Posyandu menjadi garda terdepan dalam hal kesehatan masyarakat, karena ada di setiap Padukuhan.

“Upaya-upaya promotif dan preventif (pencegahan) semua ada di Posyandu,” ujar Halim, dikutip dari laman bantulkab, Selasa (25/10/2022).

Bupati Halim menyampaikan hal itu saat menghadiri Evaluasi Pengelolaan Posyandu tingkat DIY 2022 di Posyandu Mekar I desa Ngestiharjo, Selasa (25/10).

Menurut Halim, Posyandu juga merupakan upaya sinergi layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Dalam posyandu, fungsi promotif dan preventif itu penting. Mulai dari masalah memperbaiki gizi dan kesehatan, mengukur tumbuh kembang anak, hingga menekan permasalahan stunting, dan mengontrol kesehatan remaja dan lansia.

Kabupaten Bantul sendiri terus berupaya melakukan terobosan-terobosan agar Posyandu senantiasa menjalankan peran dengan efektif dan efisien.

Sejak tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bantul telah menggelontorkan dana sebesar Rp50 juta tiap Padukuhan.

Lihat juga...