UGM latih peternak Gunungkidul budidaya penggemukan domba secara modern

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Fakultas Peternakan UGM melakukan pendampingan dan pelatihan budidaya penggemukan domba pada Kelompok Ternak Ayo Angon di Dusun Buyutan, Desa Ngalang, Kabupaten Gunungkidul.

Sebanyak 30 orang peternak diberikan pelatihan soal manajemen kandang, biosecurity pencegahan penyakit, penanaman hijauan pakan, hingga soal pembuatan pakan konsentrat serta suplemen pakan.

Ketua program, Dr. Muhsin Al Anas mengatakan program ini dilaksanakan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dan pendanaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti Tahun 2022.

Salah satu pelatihan yang diberikan adalah terkait keterampilan proses pembuatan pakan konsentrat secara mandiri. Hal ini dinilai sangat penting untuk mendukung produktivitas ternak yang baik.

Terlebih selama ini proses budidaya domba maupun kambing di wilayah Kabupaten Gunungkidul masih kerap dilakukan secara konvensional atau tradisional.

“Salah satu kunci utama dalam usaha penggemukan domba adalah manajemen pakan,” kata Muhsin Selasa (11/10/2022).

Disamping pelatihan pembuatan pakan, peternak juga mendapatkan pelatihan pembuatan suplemen pakan menggunakan teknologi Rumen Undegradable Nutrients yang merupakan hasil penelitian di Laboratorium Biokimia Nutrisi, Fakultas Peternakan UGM.

Muhsin berharap lewat kegiatan pengabdian ini, peternak tidak hanya mengetahui atau memiliki keterampilan tentang budidaya ternak semata, tetapi juga bisa mengembangkan peternakan yang memiliki dampak terhadap peningkatan ekonomi agar bisa lebih mandiri.

“Kebutuhan domba untuk daging sate sangat tinggi, sehingga usaha penggemukan domba memiliki peluang yang besar,” jelasnya.

Lihat juga...