10 Pegiat Seni Budaya Gunung Kidul terima anugerah penghargaan

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul memberikan penghargaan kepada sejumlah pegiat seni budaya lokal.

Penghargaan untuk para pegiat seni budaya di Gunung Kidul diperuntukkan bagi individu yang telah berjasa dan berdedikasi tinggi dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Adapun proses pemberian penghargaan untuk para pegiat seni budaya di Gunung Kidul sebelumnya melalui proses seleksi portofolio dan visitasi oleh dewan juri.

“Dalam visitasi itu tim dewan juri juga melakukan verifikasi lapangan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Mantara dikutip dari laman gunungkidulkab, Sabtu (12/11/2022).

Sementara penyerahan penghargaan kepada para pigiat seni berlangsung dalam acara Malam Anugerah Kebudayaan Bupati Gunung Kidul di Auditorium TBG, Kamis (10/11).

Menurut Agus Mantara, penganugerahan penghargaan kebudayan ini sudah menjadi agenda rutin. Dan, diklaim sebagai anugrah kebudayaan tertinggi di Gunungkidul.

“Banyak pelaku pelestari, pelaku seni yang memang berhak mendapatkan apresiasi,” kata Agus Mantara.

Dia mengatakan, ada 10 pelaku seni, dibagi dalam dua kategori dewasa dan anak anak.

Mereka adalah penggiat, pelaku seni, pelestari yang mendapatkan penghargaan.

Di antaranya, Nogati Sri Karyati, Pelestari warisan budaya dan cagar budaya.

Suti Rahayu, Pelestari adat tradisi, bidang pengetahuan, kemahiran, dan teknologi tradisional (Kuliner).

Ki Sayogi, Pelestari Seni, Bidang Seni Musik (Karawitan). Mbah Rejo Dimulyo, Pelestari adat tradisi, bidang adat istiadat, tata kelola lingkungan, ritual dan upacara adat (kampung pitu).

Sartono, Pelestari adat tradisi, bidang adat istiadat, tata kelola lingkungan, ritual dan upacara adat.

Lihat juga...