Gowa kembangkan Sapi Wagyu penghasil daging premium dari Jepang

Admin

JAKARTA, Cendana News – Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akan menjadi satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang mengembangbiakkan sapi wagyu dari Jepang.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah mengatakan pengembangan sapi wagyu di Gowa telah lama diserukan oleh Kementan.

Namun, hanya Kabupaten Gowa yang mampu dan memiliki komitmen mengembangkan sapi wagyu tersebut.

Menurut Nasrullah, pengembangan sapi wagyu merupakan terobosan dalam upaya pengembangan sapi berkualitas.

Kementan akan mengawal pengembangan sapi wagyu di Gowa ini. Mulai dari bantuan sperma, pendampingan budi daya, hingga pemasarannya.

“Kementan nantinya juga akan mendorong pedagang maupun asosiasi untuk membeli sapi wagyu dari Gowa,” katanya dikutip dari laman kementan, Senin (21/11/2022).

Nasrullah menyampaikan hal itu usai penandatanganan Nota Kesepahaman pengembangan sapi wagyu di Gowa.

Penandatanganan bersama PT Berdikari Live Stock, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Peternakan dan Hewan Tropika LPPM-Unhas, dan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari (BBIBS), pekan ini.

Penandatanganan berlangsung di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Gowa, yang dihadiri oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, pekan ini.

Dalam pelakasanaannya nanti, Kementan melalui BBIBS akan memberikan bantuan sperma ke Gowa secara gratis. Dan, melatih pengelola inseminasi buatan pengembangan sapi wagyu ini.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mengatakan program pengembangan sapi wagyu ini merupakan program jangka panjang.

Menurutnya, saat ini daging wagyu yang ada di Indonesia berasal dari Jepang.

Namun dengan pengembangannya di Gowa, akan menjadi tempat yang baru tanpa harus mengambil dari negara lain.
Dia mengatakan pula, daging wagyu terkenal dari Jepang dan salah satu daging premium.

Lihat juga...