Gubernur Sumbar : Keluarga miliki peran penting tekan kasus Penumonia Anak

PADANG, Cendana News – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menyebutkan, keluarga memiliki peran besar dalam kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa yang harus mendapat perlindungan dan hak kesehatannya.

“Orangtua di rumah harus menjadi teladan utama anak dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain memberikan ASI ekslusif, menuntaskan imunisasi yang telah diberikan gratis oleh pemerintah hingga memperhatikan nutrisi anak,” sebutnya dalam Silaturahim dan Temu Ramah Insan Kesehatan Sumbar, dengan tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’ di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Sumbar, Jl. Perintis Kemerdekaan, Padang, Minggu (13/11/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh insan kesehatan dari instansi terkait, rumah sakit pusat dan daerah serta perguruan tinggi ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 dan juga diperingati sebagai Hari Penumonia Sedunia.

Kasus Penumonia ini mendapat sorotan khusus dari gubernur. Mengingat Pneumonia merupakan penyebab kematian pertama pada bayi dan balita di Indonesia. Untuk itu, peringatan HKN ini menurut gubernur juga sebagai momentum untuk kembali mengingatkan upaya pencegahan dan menghindari penumonia pada anak.

“Pe-eR kita untuk kesehatan ini sangat banyak. Salah satunya Penumonia yang telah renggut nyawa 2,5 juta jiwa di tahun 2019, dan setiap tahun terus meningkat. Angka ini lebih besar dari covid. Setiap menit 2 anak meninggal di dunia. Ini kerja berat. Karena itu kita harus berikan perhatian pada kesehatan anak. Anak adalah calon pemimpin bangsa. Biasakan pola hidup sehat di rumah tangga. Jangan lagi merokok di depan anak atau di rumah,” kata gubernur.

Lihat juga...