Kapal Perang RI siap amankan KTT G20 di Nusa Dua Bali

JAKARTA, Cendana News – Perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tinggal menghitung hari.

Sejumlah pemimpin dari 20 negara dengan ekonomi terbesar akan mengikuti KTT G20 di Nusa Dua Bali, pada 15-16 November 2022.

Dalam pertemuan KTT G20 itu mereka akan berembuk menyusun agenda bersama bagi kemaslahatan dunia.

Sebagai pemegang Presidensi 2022, Indonesia pun bertekad menyelenggarakan KTT yang sukses dan aman.

Segenap jajaran kekuatan negara disiapkan. Di ujung timur Jawa, Pemkab Banyuwangi bersama mitranya dari Polresta, Kodim, dan Pangkalan TNI-AL (Lanal), ikut serta mengamankan Selat Bali.

Jalur penyeberangan Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali) adalah titik rawan yang perlu diamankan.

Di bawah koordinasi Bupati Banyuwangi, satuan-satuan dari Kodim, Lanal, Polresta, Basarnas, dan BPBD, bersiaga di dermaga Tanjungwangi, Ketapang.

‘’Banyuwangi siap bersinergi dan saling melengkapi dalam pengamanan KTT G20,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dikutip dari laman indonesia.go.id, Rabu (2/11/2022).

Dia mengatakan hal itu usai latihan simulasi pengamanan dan simulasi operasi gabungan pembebasan sandera di perairan Selat Bali, di wilayah perairan Banyuwangi, Jawa Timur, pekan ini.

Latihan bersama melibatkan personel gabungan dari Kodim, Lanal, dan Satpolair. Dan, Kapal Patroli Rajegwesi memimpin operasi.

Selain itu juga kapal milik BPBD dan Basarnas, KPM Trisila Bakti, dan lainnya.

Hadir dalam latihan simulasi tersebut Danlanal Banyuwangi Letkol Ansori, Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, Dandim Banyuwangi Letkol Eko Julianto Ramadan, dan sejumlah undangan lainnya.

Lihat juga...