Pemimpin Negara Peserta KTT G20 akan tanam mangrove di Bali

Admin

JAKARTA, Cendana News – Para pemimpin negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) akan menanam pohon mangrove di Bali pada 15 November mendatang.

Penanaman pohon mangrove oleh para pemimpin  negara peserta KTT G20 akan berlangsung di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong, mengatakan penananam pohon mangrove oleh para pemimpin negara peserta KTT G20 itu diharapkan bisa menginspirasi dunia untuk menangani krisis iklim.

Dia mengatakan, salah satu tema yang dipilih (di KTT G20 Indonesia) adalah transisi energi, termasuk soal lingkungan hidup.

“Dan, sebagai salah satu negara dengan hutan mangrove terbesar diharapkan agenda itu bisa menginspirasi dunia,” kata Usman Kansong dikutip dari infopublik, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya pula, penanaman mangrove menekankan peran penting ekosistem pesisir. Dan, menjadi bagian dari tema transisi menuju energi bekelanjutan yang dipilih Presiden Joko Widodo di KTT G20.

Selain tema tersebut, dua isu lainnya yang diusung dalam acara puncak Presidensi G20 Indonesia ini antara lain penanganan kesehatan yang inklusif dan transformasi berbasis digital.

“Agenda itu sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan hidup karena mangrove mampu menyerap karbon, memproteksi lahan, dan mencegah abrasi laut,” jelas Usman.

Sementara itu Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Cecep Kusmana menambahkan mangrove berperan penting dalam pelestarian lingkungan.

“Khususnya dalam krisis ikim karena dapat menyimpan karbon tiga hingga lima kali lebih banyak dibanding hutan tropis dataran rendah,” katanya.

Menurutnya pula, ekosistem mangrove berperan sangat besar dalam pengendalian iklim global.

Lihat juga...