Pemkab Magelang apresiasi penemu Lingga Yoni di Mungkid

Admin

JAWA TENGAH, Cendana News – Pemerintah Kabupaten Magelang memberikan apresiasi kepada warga penemu cagar budaya lingga yoni terbesar di Indonesia, FX Wahyanto.

Bupati Magelang Zaenal Arifin memberikan apresiasi tersebut dalam bentuk uang sebesar Rp17 juta dipotong pajak.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, keluarga FX Wahyanto dinilai telah ikut serta dalam pelestarian cagar budaya di kabupaten setempat.

Atas nama Pemerintah Daerah, dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga FX Wahyanto.

Menurut Zaenal, penemuan lingga yoni terbesar itu merupakan penemuan yang luar biasa, dan satu-satunya di Indonesia.

“Kita bisa melihat catatan sejarah, salah satunya dalam bentuk situs Lingga Yoni ini,” katanya dikutip dari laman magelangkab, Jumat (25/11/2022).

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan saat ini temuan situs Lingga Yoni tersebut telah berada di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Adapun sertifikat penetapan cagar budaya yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Magelang, dari tahun 2015 hingga 2022 sejumlah 51 lembar.

Plt Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah X Jateng-Yogyakarta, Sukronedi menjelaskan temuan situs Lingga Yoni tersebut sudah sejak Maret 2021.

Menurutnya, ini merupakan salah satu upaya pelestarian cagar budaya yang sinergis antara Kementerian dan Pemkab Magelang.

Pihaknya juga telah memberikan kompensasi tiap tahunnya kepada para penemu cagar budaya di Jawa Tengah.

Sukronedi mengatakan, bahwa temuan situs Lingga Yoni ini sangat luar biasa dan terbesar di Indonesia, dengan ukuran panjang 128 Cm, lebar 146 Cm, dan tingginya 130 Cm.

Lihat juga...