Program BCL KKP tuai pujian di pembukaan Ocean 20

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BALI, Cendana News – Program Bulan Cinta Laut (BCL) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, disebut sebagai solusi mengurangi populasi sampah plastik di laut.

Ungkapan itu disampaikan Peter Thomson utusan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) saat memberikan sambutan pembukaan Ocean 20 yang menjadi rangkaian kegiatan G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

“Bulan Cinta Laut inisiatif yang bagus untuk memerangi sampah plastik di laut,” ujar Peter Thomson, United Nations Secretary General’s Special Envoy for the Ocean.

Bulan Cinta Laut merupakan salah satu program Ekonomi Biru KKP yang dirancang khusus untuk mengurangi sampah plastik di laut. Dalam aksi bersih pantai dan laut yang dilakukan sepanjang Oktober lalu, lebih dari 67 ton sampah berhasil diangkut dari laut dan wilayah pesisir di Indonesia.

Menurut Peter Thomson, memang dibutuhkan gebrakan bersama untuk menjaga kesehatan ekosistem laut yang erat kaitannya dengan perubahan iklim. Laut yang sehat akan berkontribusi besar pada pengurangan karbon penyebab pemanasan global.

“Kita harus meninggalkan dunia yang baik untuk anak cucu kita. Kita tidak bisa sendiri, harus usaha bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggaungkan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam menghadirkan ekosistem laut yang sehat.

Sebagai negara kepulauan dengan luas laut mencapai 6,4 juta kilometer persegi, Indonesia diakuinya berkomitmen mengelola laut secara berkelanjutan. Selain pengentasan masalah sampah di laut, Indonesia juga berkomitmen mengelola perikanan secara berkelanjutan.

Lihat juga...