Pura Besakih Bali siap sambut kunjungan peserta KTT G20

Admin

JAKARTA, Cendana News – Pura Besakih di Pulau Bali akan menjadi salah satu tempat kunjungan wisata para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara G20 pada 15-16 November 2022.

Untuk menyambut kunjungan peserta KTT G20 di Pura Besakih Bali itu pemerintah sejak tahun lalu sudah melakukan berbagai penataan.

Pemerintah mengintruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membenahi kawasan Pura Besakih tersebut.

Sejumlah fasilitas penunjang pun dibangun di Area Manik Mas seperti gedung parkir empat lantai seluas 55.201 meterpersegi.

Gedung parkir yang diklaim mampu menampung 66 unit bus besar, 1.369 unit mobil dan 2.000 sepeda motor itu juga dibuatkan alur masuk dan keluar yang berbeda.

Selain itu juga dibangun 18 kios besar, 12 kios kecil, dan di Area Bencingah dibangun ada 358 kios pedagang di atas bangunan seluas 7.587 meterpersegi.

Kedua kawasan itu dilengkapi menara pandang (viewing deck) seluas 64 meterpersegi dan 113 bilik toilet bersih.

Mengutip laman indonesia.go.id, penataan kawasan Pura Besakih itu menelan anggaran hingga Rp508,1 miliar.

Anggaran penataan itu diambil dari APBN tahun jamak (multiyears) 2021-2022, dan berlangsung selama 540 hari kalender.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan, penataan kawasan Pura Besakih tidak menyentuh area bangunan utama sebagai tempat ibadah.

“Hal terpenting dari penataan kawasan ini untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang beribadah dan berwisata,” kata Basuki.

Diapun berharap melalui penataan Pura Besakih ini fungsi dan vitalitas kawasan bisa meningkatkan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan.

Lihat juga...