Bawaslu Kota Bekasi ajak semua pihak cegah kerawanan Pemilu

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI, Cendana News – Badan Pengawas Pemilu Kota Bekasi mengajak seluruh pihak untuk dapat berpartisipasi dalam meminimalisir kerawanan saat pelaksanaan pemilihan umum 2024 mendatang.

Berbagai upaya juga terus dilakukan oleh Bawaslu Kota Bekasi. Salah satunya dengan menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan menggandeng para mahasiswa Unisma Bekasi dan kader pengawasan partisipatif dalam waktu dekat.

“Dalam proses pencegahan kerawanan penyelengaraan pemilu, dalam waktu dekat kita telah mengagendakan KKN tematik melibatkan Unisma Bekasi dan kader pengawasan partisipatif,” sebut Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto, Sabtu (17/12/2022).

Hal itu menjadi salah satu hal lainnya dengan banyak hal yang sudah dan akan dilakukan oleh Bawaslu Kota Bekasi dalam proses pencegahan.

“Harapannya seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah membantu agenda KKN tematik yang akan dilaksanakan,” ujarnya meminta dukungan semua pihak dalam hal pelaksanaan agenda KKN tematiknya.

Sebelumnya, Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Dalam IKP tersebut, Bawaslu melakukan pemetaan potensi Kerawanan di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menuturkan, IKP menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan. Selain itu, IKP merupakan upaya Bawaslu dalam proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran.

“Kami harap semua daerah tetap kondusif. Tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis,” ucapnya, seperti dimuat laman resmi Bawaslu, Jumat, (16/12/2022).

Lihat juga...