Begini kesiapan DIY sambut wisatawan di akhir tahun

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – DI Yogyakarta akan menjadi salah satu kota tujuan wisata pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sejumlah pihak terkait di DI Yogyakarta pun telah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan wisatawan di musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini.

Dinas Pariwsata DI Yoyakarta, misalnya, telah memastikan kesiapan seluruh destinasi wisata, termasuk 153 desa dan kampung wisata pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo, mengatakan tren yang sekarang ini ada setelah pandemi Covid-19 adalah para wisatawan menaruh perhatian terhadap aktivitas di desa wisata.

Untuk itu DIY pun mempunyai desa wisata berkelas internasional, bahkan beberapa desa wisata mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Anugerah Desa Wisata.

Dia mengatakan, pihaknya telah memberikan pembekalan kepada petugas TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) agar tidak mengalami penumpukan.

Kemudian, pengecekan wahana di Gunung Kidul untuk memastikan semuanya telah siap digunakan dan tidak membahayakan.

Singgih mengatakan, bahwa di Kota Yogyakarta secara khusus tidak ada event. Namun, hotel-hotel biasanya akan mengadakan acara masing-masing.

Menurutnya event di hotel tersebut biasanya untuk acara malam pergantian tahun baru, atau sekadar makan malam untuk merayakan tahun baru.

“Kami sudah memastikan DIY dapat menerima para wisatawan dengan aman, nyaman,” katanya dikutip dari laman jogjaprov, Sabtu (24/12/2022).

Dia juga mengimbau pada seluruh masyarakat untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Sehingga betul-betul suasana Natal dan Tahun Baru menjadi investasi untuk bergerak di tahun 2023 menjadi lebih baik,” ujar Singgih.

Lihat juga...