Histori Hari Ini: Presiden Soeharto Resmikan Pabrik Semen Indarung IIIA

KAMIS, 29 DESEMBER 1983 Masih berada di Sumatera Barat, Presiden Soeharto meresmikan Pabrik Semen Indarung IIIA, milik PT Semen Padang.

Dalam amanatnya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa untuk mengamankan pengadaan semen di dalam negeri, masalah yang perlu terus diperhatikan adalah masalah distribusi. Dalam hubungan ini ia meminta agar hendaknya diadakan perencanaan yang teliti, sehingga terdapat keterpaduan antara kemampuan produksi dan tersedianya alat transpor di satu pihak dengan kebutuhan masyarakat akan semen di pihak lainnya.

Diingatkannya bahwa masalah distribusi ini akan terasa lebih penting lagi karena produksi semen kita yang terus meningkat, juga diikuti oleh kebutuhan masyarakat yang terus meningkat pula.

Selanjutnya Presiden menyatakan penghargaan atas rencana PT Semen Padang untuk mengurangi ketergantungannya kepada pihak luar negeri secara bertahap, dalam meningkatkan kapasitas produksinya.

Diharapkan oleh Presiden agar rencana pembuatan sebagian dari mesin-mesin pabrik semen di dalam negeri sudah akan dapat dilaksanakan dalam Repelita IV.

____________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 96. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Lihat juga...