Histori Hari Ini: Presiden Soeharto resmikan perumnas Mojosongo Solo

JUM’AT, 23 DESEMBER 1983 Di Solo, Jawa Tengah, Presiden Soeharto meresmikan penghunian rumah sederhana Perum Perumnas yang terletak di Mojosongo.

Pelaksanaan pembangunan perumahan ini dilakukan secara terpadu oleh berbagai instansi, sehingga antara lain memungkinkan dilakukan optimasi penggunaan tanah, yaitu dengan memanfaatkan tanah yang kurang produktif menjadi lingkungan perumahan yang sehat, dan pemanfaatan hasil industri bahan bangunan setempat.

Dalam acara yang dihadiri oleh para penghuni perumahan baru tersebut, Presiden Soeharto mengatakan bahwa kita dapat mulai membangun perumahan rakyat, karena sebelumnya, yaitu pada Repelita I kita telah bekerja keras.

Dijelaskan oleh Kepala Negara bahwa dalam Repelita I, kerja keras kita telah berhasil meletakkan dasar-dasar yang kuat untuk memperkukuh stabilitas nasional, baik di lapangan ekonomi maupun politik, sambil kita mulai meletakkan batu-batu pertama pembangunan jangka panjang.

Dalam Repelita II, kita maju lagi, sehingga kita dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang memadai.

Dan dalam Repelita III sekarang ini tekad kita untuk mulai mewujudkan pemerataan pembangunan, juga telah memberikan hasil yang tidak mengecewakan.

Dikatakan selanjutnya bahwa dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan, dalam Repelita IV kita akan berjuang agar masalah perumahan rakyat dapat terus kita tangani. Untuk itu kita terutama harus dapat mengerahkan dana-dana dari masyarakat sendiri.

_________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 93-94. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Lihat juga...