KUD Damandiri Krambilsawit konsisten dampingi masyarakat bangkit dari pandemi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News — Meski menjadi salah satu Koperasi binaan Yayasan Damandiri, yang terdampak pandemi Covid-19 paling parah, KUD SHS Mandiri Krambilsawit tetap menunjukkan eksistensinya dalam membantu warga kurang mampu di desa Krambilsawit Saptosari Gunungkidul.

Koperasi binaan Yayasan Damandiri yang didirikan sejak 2018 ini, terbukti tetap konsisten menjalankan sejumlah program pemberdayaan masyarakat. Khususnya di sektor ekonomi dengan memberikan akses permodalan bagi warga miskin melalui unit usaha koperasi ‘Modal Kita’.

Komitmen yang tinggi, juga ditunjukkan jajaran pengurus KUD SHS Mandiri Krambilsawit, dalam mengatasi berbagai persoalan seperti kredit macet yang masih banyak terjadi di kalangan anggota, sebagai dampak bangkrutnya usaha warga selama pandemi Covid-19.

Manager Umum KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih terus aktif melakukan proses pencairan pinjaman bagi warga kurang mampu yang menjadi anggota unit usaha ‘Modal Kita’.

Pinjaman modal usaha ini diberikan, dengan proses seleksi yang cukup ketat, guna membantu warga desa agar bisa tetap menjalankan usaha. Serta pulih dari kondisi perekonomian yang sempat lumpuh akibat pandemi Covid-19 2 tahun terakhir.

“Koperasi akan terus melakukan segala daya dan upaya untuk membersamai masyarakat dalam menjalankan usaha mereka yang sempat hancur karena Covid-19. Karena itu telah menjadi komitmen koperasi sejak awal,” ujar Anton.

Dengan keterbatasan personil yang ada, jajaran pengurus KUD SHS Mandiri Krambilsawit juga tak pernah berhenti melakukan penagihan kepada setiap anggota yang mengalami kredit mecet. Bahkan sang Manajer Umum Koperasi, turut melakukan penagihan secara langsung dengan sistem door to door ke rumah-rumah anggota.

Lihat juga...