Libur Tahun Baru tren jumlah penumpang di Sorong meningkat

Admin

PAPUA, Cendana News – Di masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 jumlah penumpang angkutan umum di Sorong, Papua, menunjukkan tren peningkatan signifikan.

Tren jumlah penumpang angkutan umum pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sorong, Papua, terjadi di moda transportasi udara dan laut.

Peningkatan jumlah penumpang angkutan udara pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sorong, terlihat di Bandara Domine Eduard Osok (DEO).

Tren kenaikan penumpang di bandara tersebut didominasi rute dari dan menuju Ambon, Makassar, dan Jakarta.

Sementara itu pada angkutan laut, jumlah penumpang kapal di Pelabuan Sorong secara total meningkat 80,88 persen atau 26.550 penumpang dari tahun sebelumnya yang sebanyak 14.678 penumpang.

Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang tersebut, maka jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sorong juga bertambah.

Ada 57 kapal yang beroperasi, dan jumlah ini meningkat 21,28 persen dari jumlah kapal pada musim libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya sebanyak 47 kapal.

Adanya tren meningkatnya jumlah penumpangHal tersebut terungkap saat Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto melakukan peninjauan di Sorong, Papua, Minggu (25/12).

Sesjen Novie melakukan tinjauan ke Pelabuhan Sorong dan Bandara Domine Eduard Osok (DEO), dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dia mengatakan meski terjadi lonjakan jumlah penumpang, namun semuanya bisa berjalan lancar dan aman.

“Pihak pengelola bandara Sorong sudah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Novie.

Lihat juga...