Liburan Tahun Baru 2023 Pemda DIY ingatkan masih ada Covid-19

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023, Pemerintah (Pemda) DI Yogyakarta mengingatkan masih adanya virus penyebab Covid-19.

Dengan masih adanya potensi Covid-19 itu pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023 Pemda DIY wisatawan diimbau agar tetap waspada.

Sebagai bentuk antisipasi Covid-19 pada momentum liburan Natal dan Tahun Baru 2023 tersebut, Pemda DIY telah melakukan berbagai langkah.

Sebagai salah satu langkah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY membagikan sarana pelindung diri seperti masker, penyanitasi tangan, dan sabun cair.

BPBD DIY telah menyiapkan 142.375 masker, 7.560 hand sanitizer, dan 240 sabun cair.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan jumlah tersebut masih bisa ditambah sesuai dinamika kebutuhan.

Biwara menjelaskan, pembagian sarana pelindung diri tersebut sebagai bentuk upaya mengingatkan kembali pentingnya menjaga protokol kesehatan.

“Ini mengingat DIY akan jadi daerah tujuan wisata saat libur Natal dan Tahun Baru 2023,” kata Birawa dikutip dari laman jogjaprov, Sabtu (17/12/2022).

Dia mengatakan pula, bahwa pembagian masker ini juga sekaligus bentuk tindak lanjut dari prediksi adanya 7 juta wisatawan yang akan memadati DIY selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Karena itu kita ingatkan kembali, pentingnya memakai masker supaya wisatawan yang datang berbelanja, menikmati objek wisata jangan sampai membawa virus atau menularkan,” ungkap Birawa.

Biwara menjelaskan lagi, bahwa pembagian sarana pelindung diri tidak hanya di kawasan wisata Kota Yogyakarta, namun juga di kabupaten.

Diapun menekankan pentingnya pemandu wisata atau agen travel untuk turut mensosialisasikan kerawanan-kerawanan destinasi wisata di Jogja.

Lihat juga...