LKAAM Sumbar kirim 1,2 ton Rendang untuk korban Gempa Cianjur

PADANG, Cendana News – Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar mengirimkan sebanyak 1,2 ton makanan asli Ranah Minang, berupa Rendang, untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11/2022).

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati mengatakan, Rendang-rendang ini akan dikirimkan dengan memakai pesawat Hercules bantuan dari TNI AU.

“Hari ini kita mengirimkan rendang 1,245 ton dari 10 ton rencana yang akan dikirimkan untuk masyarakat korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat,” ucapnya, seperti dimuat InfoPublik.

Fauzi Bahar menambahkan, Rendang tahap pertama ini akan diberangkatkan dari Pangkalan Udara Sutan Sjahril, Tabing, Padang dengan pesawat Hercules, dan akan di jemput langsung oleh perantau dari Ranah Minang di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

“Hari ini juga, para perantau dari ranah Minang akan menjemput Rendang tahap pertama ini, dan akan didistribusikan esok ke korban bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, pemilihan rendang untuk korban bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat menurut Fauzi Bahar karena Rendang yang dikirim dikemas dengan higienis dan siap saji.

“Rendang yang kita kirim ini siap saji. Bisa dipanaskan, dan bisa dimakan langsung oleh pengungsi. 2,5 ons yang bisa dimakan langsung oleh satu keluarga,” bebernya.

Fauzi Bahar menjelaskan juga, Rendang yang dibuat untuk korban bencana alam gempa di Cianjur, dibuat langsung oleh para pelaku UMKM yang ada di Sumbar.

“Jadi, dalam proses pembuatan rendang ini, kita melibatkan UMKM yang ada di Sumbar. Jadi, ekonomi UMKM kita bergerak. InsyaAllah akan kita pesan lagi 2 ton untuk diberangkatkan minggu depan,” kata dia.

Lihat juga...