Tri Adhianto minta Bank Sampah edukasi warga Bekasi pentingnya menjaga lingkungan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

KOTA BEKASI – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan bahwa saat ini ada 200 bank sampah tersebar di berbagai wilayah setempat.

“Keberadaan bank sampah di Kota Bekasi ada sekitar 200 titik. Tapi itu dirasa belum cukup untuk menangani sampah yang ada,” ungkap Tri, saat HUT Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) ke-6, Senin (19/12/2022).

Dikatakan, saat ini dibutuhkan lebih banyak lagi bank sampah untuk mengedukasi dan membangun kesadaran tentang pentingnya mengatasi permasalahan sampah.

Menurutnya jumlah penduduk di Kota Bekasi terus meningkat. Sehingga perlu kesadaran bersama pentingnya menjaga lingkungan dengan melakukan inovasi dalam pengelolaan.

“Dalam pengelolaan sampah ada beberapa metode, di antaranya eco enzym, kompos, pakan maggot dan daur ulang. Metode itu semua memiliki nilai ekonomis,” tegasnya.

Namun demikian tandas Mas Tri, diharapkan masyarakat berorientasi pada kebersihan lingkungan bukan berorientasi pada ekonomi ada nilai kebaikan juga yang dapat.

“Kepedulian terhadap lingkungan penting. Salah satunya mengatasi permasalahan sampah yang ada, karena lambat laun jumlah penduduk kian lama pasti kian bertambah,” pungkasnya.

HUT BSIP ke-6 menampilkan hasil karya seni daur ulang sampah kreasi Bank sampah di Kota Bekasi dan pemberian cidera mata hasil karya bamk sampah untuk Plt Wali Kota Bekasi.

Diketahui selama ini ketahui pengelolaan sampah oleh BSIP bersinergi dengan Pemerintah Kota Bekasi.

Lihat juga...