Wapres harapkan perusahaan jadi agen perubahan jaga lingkungan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA, Cendana News – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap semakin banyak perusahaan di Indonesia bisa menjadi agen perubahan dalam hal menjaga lingkungan.

“Indonesia memiliki komitmen kuat di bidang lingkungan dan memberikan perhatian pada peningkatan aksi perubahan iklim,” ungkap Wapres dalam acara Penganugerahan Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2022 di Istana Wapres, Kamis (29/12/2022).

Wapres menyebutkan, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk dunia usaha untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

Itu semua, sebagai bentuk tanggung jawab sosial agar dapat menjadi warisan yang berkelanjutan bagi generasi penerus bangsa.

Berkenaan dengan upaya penurunan emisi karbon, Wapres menyampaikan bahwa Pemerintah menargetkan menjadi 31,89 persen dengan kemampuan sendiri, dan 43,20 persen dengan dukungan internasional di tahun 2030 yang didasarkan pada sejumlah kebijakan nasional.

Peningkatan target tersebut didasarkan pada beragam kebijakan nasional terkait perubahan iklim, seperti penerapan pajak karbon, upaya mencapai FOLU Net Sink 2030, mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik, serta inisiasi program biodiesel B40.

“Partisipasi aktif dunia usaha dalam aksi-aksi nyata untuk mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan berkelanjutan juga sangat dinantikan. Kriteria penilaian yang ditetapkan dalam PROPER pun telah mengalami transformasi yang berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman, salah satunya kategori green leadership yang menilai kepemimpinan CEO,” tuturnya.

Lihat juga...