Alat Mesin Peternakan kini jadi kebutuhan para peternak

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA, Cendana News – Dunia peternakan yang semakin maju dan modern mendorong sejumlah peternak memanfaatkan alat mesin untuk memudahkan usahanya.

Pemanfaatan alat mesin peternakan ini seolah telah menjadi sebuah keharusan bagi mereka para peternak dengan jumlah hewan ternak yang cukup besar.

Dan, salah satu alat mesin peternkan itu adalah mesin penggiling atau pencacah pakan rumput hijauan atau biasa disebut Chopper.

Salah seorang peternak domba di desa Mlati, Sleman, Ari mengaku memanfaatkan Chopper untuk menjalankan usaha budi daya domba.

Menurutnya, Chopper sangat membantu karena memiliki sejumlah keuntungan. Mulai dari menghemat pakan, hingga mengurangi limbah pakan yang terbuang.

Dia menjelaskan, dengan dicacah atau digiling pakan seperti rumput pakchong, atau odot, tidak akan ada bagian yang terbuang.

“Batang lunak pun bisa termanfaatkan, termasuk jika hendak dibuat silase,” ungkapnya.

Sementara itu harga Chopper berada di kisaran Rp3-5 juta, tergantung merk dan asal pabri.

Menurut Ari, sebelum membeli Chopper setiap peternak harus mengetahui jenis alat pencacah atau penggiling tersebut.

Pasalnya, Chopper memiliki sejumlah tipe seperti jenis langsung dan jenis yang menggunakan saringan.

“Kambing atau domba biasanya lebih suka yang memakai pisau cacah langsung. Karena mungkin lebih enak. Beda dengan chopper yang memakai saringan,” katanya.

Selain itu, pemilihan jenis Chopper juga harus sesuai dengan kebutuhan besar kecil potongan pakan yang diinginkan.

Biasanya, semakin banyak jumlah pisau cacah yang terdapat dalam mesin akan semakin kecil pula cacahan yang dihasilkan.

“Yang paling penting jangan sampai salah memilih mesin penggiling untuk kotoran. Karena spesifikasi dan pemanfaatan beda dengan yang untuk pakan,” katanya.

Lihat juga...