Begini program pemberdayaan Damandiri di Pesantunan Brebes

Editor: Koko Triarko

Melalui koperasi tersebut, Yayasan Damandiri telah mendirikan dua unit usaha untuk membantu menggerakkan perekonomian warga desa.

Pertama adalah mendirikan unit usaha ‘Warung Kita’ yang menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok, dan kebutuhan para petani dengan harga terjangkau.

Kedua, mendirikan unit usaha simpan pinjam ‘Modal Kita’ yang memberikan akses pinjaman usaha bagi warga Desa Pesantunan, khususnya warga kurang mampu.

Manajer Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman mengatakan sampai saat ini ada sekitar 1.800 lebih anggota koperasi yang telah merasakan manfaat program pinjaman Modal Kita.

Mereka mayoritas merupakan warga dari kalangan menengah ke bawah yang menjalankan usaha kecil maupun mikro.

Bahkan, tidak hanya warga Desa Pesantunan yang merasakan manfaat pinjaman usaha ‘Modal Kita’ ini.

“Sebab, tak sedikit dari mereka juga berasal dari desa sekitar, baik dari kecamatan Sawojajar maupun kecamatan Wanasari,” kata Slamet.

Slamet mengatakan, banyaknya warga yang merasakan langsung manfaat program pemberdayaan itu menjadi bukti kontribusi Yayasan Damandiri dalam membantu masyarakat kecil di desa-desa.

Sekaligus wujud nyata kontribusi yayasan sebagaimana cita-cita HM Soeharto untuk membantu pemerintah mempercepat pengentasan kemiskinan.

Lihat juga...