Diikuti Berbagai Komunitas, Ratusan Warga Bersihkan Sungai Gajahwong Jogja

YOGYAKARTA, Cendana News – Ratusan warga dari sejumlah komunitas dan relawan menggelar kegiatan bersih sungai di bantaran Kali Gajahwong, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Minggu (29/01/2023).

Melibatkan sekitar 150 orang peserta, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kegiatan yang diinisiasi Gereja Kristen Jawa (GKJ) Ambarukmo melalui unit pelayanan masyarakat PB Palma ini juga diisi dengan pelepasan bibit ikan lokal seperti melem, wader serta tawes.

Selain itu mereka juga membagikan bingkisan berupa sembako serta alat tulis kepada anak-anak maupun masyarakat kelompok rentan yang tinggal di sekitar sungai.

Edi Satmoko, Ketua Bidang Dikalonia, Gereja Ambarukmo, yang membawahi PB Palma mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan di kalangan masyarakat, khususnya warga bantaran sungai.

Selain bermanfaat untuk pencegahan dan penanggulangan bencana seperti banjir, kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk rasa kebersamaan dan gotong-royong di kalangan semua elemen masyarakat, tanpa membedakan golongan, ras, suku, maupun agama.

“Tidak hanya jamaat gereja saya yang terlibat dalam kegiatan ini., namun juga berbagai komunitas, mulai dari Komunitas Peduli Sungai Gajahwong, Komunitas Nologaten, Mrican Pringgodani Rescue Team, hingga mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan sebagainya,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini ia juga akan sangat mendukung program yang selama ini telah dicanangkan pemerintah seperti Program Kali Bersih, program Mundur Munggah Madep Kali, hingga program pemberdayaan masyarakat bantaran sungai lainnya.

Lihat juga...