Koperasi Damandiri Pesantunan siap luncurkan program baru

Editor: Koko Triarko

BREBES, Cendana News – Koperasi KUD Berkah Damandiri Pesantunan, Brebes, Jawa Tengah, akan memfokuskan optimalisasi program pinjaman usaha ‘Modal Kita’ kecil di tahun 2023 ini.

Optimalisasi pinjaman usaha ‘Modal Kita’ kecil Koperasi KUD Berkah Damandiri Pesantunan Brebes ini untuk mendukung pengembangan usaha kecil maupun mikro di desa tersebut.

Adapun skema pinjaman ‘Modal Kita’ kecil Koperasi KUD Berkah Damandiri Pesantunan Brebes ini bisa dalam bentuk pinjaman barang penunjang kegiatan usaha.

Manajer Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman menjelaskan skema pinjaman dalam bentuk barang “Modal Kita” kecil ini dibuat sesuai usulan para anggota koperasi itu sendiri.

Pasalnya, tak sedikit dari anggota koperasi selama ini kesulitan mendapatkan sejumlah barang kebutuhan penunjang usaha mereka.

Beberapa barang penunjang usaha tersebut seperti kulkas, sepeda motor, dan lainnya.

“Jadi nanti anggota atau nasabah bisa mengajukan pinjaman dalam bentuk barang. Misalnya, mereka butuh kulkas untuk untuk jualan es atau sepeda motor untuk jualan sayur keliling,” katanya.

Menurut Slamet, anggota atau nasabah hanya perlu membayar angsuran pinjaman dalam bentuk barang itu setiap bulannya ke koperasi.

“Jadi mereka tinggal pakai saja, semua koperasi yang mengurus dan mencarikan,” ungkapnya.

Dengan skema ini, nantinya pengajuan barang oleh anggota nasabah bisa dalam berbagai bentuk.

Tidak hanya seputar elektronik atau kendaraan, namun juga alat mesin pertanian, bahan bangunan, dan lainnya.

“Bahkan jika ada anggota yang butuh ruko atau rumah untuk tempat usaha bisa kita bantu. Walaupun dengan batasan nilai pinjamanan tertentu,” imbuhnya.

Lihat juga...