Lebih 13.000 wisatawan kunjungi Kampung Wisata Samiran

Editor: Koko Triarko

BOYOLALI, Cendana News – Selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Kampung Wisata Damandiri di desa Samiran, Selo, Boyolali, penuh sesak oleh pengunjung.

Ramainya pengunjung selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kampung Wisata Damandiri Samiran itu sempat menimbulkan kemacetan di pintu masuk menuju kawasan wisata tersebut.

Pengelola objek wisata di Kampung Wisata Damandiri Samiran, menyebut selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 sekitar 13.270 wisatawan tercatat mengunjungi kampung wisata ini.

Mereka datang ke desa Samiran untuk mengunjungi sejumlah unit usaha yang dijalankan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera.

Unit usaha itu mulai dari Taman Bunga Merapi Garden, De’Garden Cafe, Waroeng Damandiri, hingga Kampung Homestay Damandiri.

Manajer Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana mengatakan sejak tanggal 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 tercatat ada sekitar 13.270an orang wisatawan.

“Jumlah itu meningkat 40 persen jika dibandingkan jumlah kunjungan selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2022,” kata Bayu Pramana, Senin (2/1/2023).

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah wisatawan itu tidak hanya karena faktor berakhirnya masa pandemi Covid-19.

Namun, itu juga dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan kawasan wisata Selo sejak beberapa waktu terakhir ini.

Bayu mengatakan, di kawasan Wisata Selo semakin banyak lokasi objek wisata baru bermunculan. Termasuk berbagai unit usaha seperti cafe, ataupun warung kuliner modern baru.

Bayu mengklaim, ada perubahan signifikan sejak beberapa waktu terakhir. Apalagi, sejak adanya Cimory yang berdampak sangat baik.

“Selain jumlah pengunjung semakin meningkat, kemacetan di kawasan wisata Selo saat masa liburan juga luar biasa,” ungkapnya.

Lihat juga...