Lewat sejumlah yayasan, Pak Harto masih terus bantu masyarakat kecil

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PONOROGO, Cendana News — Program pemberdayaan ekonomi yang dijalankan Yayasan Damandiri melalui KUD Jaya Mandiri Sejahtera, terbukti mampu menumbuhkan dan menggerakkan perekonomian warga desa Badegan, Ponorogo, Jawa Timur dan sekitarnya.

Lewat sektor pariwisata, pemberdayaan ekonomi tersebut dilakukan Yayasan bentukan Presiden Soeharto itu, dengan cara merevitalisasi kawasan Bukit Soeharto, yang sebelumnya sepi dan terbengkalai menjadi destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung.

Hanya dalam kurun waktu sekitar dua tahun, Bukit Soeharto yang dikelola Koperasi binaan Yayasan Damandiri, KUD Jaya Sejahtera Mandiri Badegan, kini bahkan telah berkembang dan menjadi destinasi wisata paling populer serta menjadi rujukan objek wisata lain di kabupaten Ponorogo.

Setiap memasuki musim liburan, objek wisata Bukit Soeharto, selalu penuh sesak oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Selain menikmati keindahan panorama alam, para pengunjung juga sengaja datang untuk napak tilas jejak sejarah sosok Presiden Kedua RI HM Soeharto.

Manager Umum KUD Jaya Mandiri Sejahtera Badegan, Wahyu Bintoro, mengakui besarnya kontribusi objek wisata Bukit Soeharto, dalam menumbuhkan dan menggerakkan perekonomian warga sekitar.

Bagaimana tidak, saat ini tercatat ada 150-200 orang warga sekitar yang mencari nafkah dan menggantungkan hidupnya dari keberadaan objek wisata Bukit Soeharto.

Di sektor UMKM misalnya, saat ini tercatat ada sekitar 60 lebih pedagang yang secara resmi berjualan atau membuka usaha di kawasan wisata Bukit Soeharto ini.

Jumlah tersebut biasanya akan meningkat saat masa libur lebaran. Pasalnya banyak pedagang dadakan yang akan ikut berjualan di kawasan Bukit Soeharto, baik menggunakan gerobak kayu, gerobak motor dan sebagainya.

Lihat juga...