Pemberdayaan Yayasan Damandiri tingkatkan kesadaran masyarakat jaga kelestarian alam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Berbagai perubahan mendasar yang terlihat di desa Samiran ini sejalan dengan arah dan tujuan awal program pemberdayaan Yayasan Damandiri, yang dijalankan melalui jargon Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) selama 5 tahun terakhir.

Sebuah program peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa, yang dijalankan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal desa setempat, dengan dukungan pemanfaatan teknologi, secara kontinyu dan berkelanjutan.

“Bagaimana pun, saat ini pariwisata telah menjadi sektor andalan bagi warga untuk mendapatkan pemasukan. Sehingga otomatis, mau tak mau warga harus bisa menjaga potensi itu, agar dapat terus memberikan manfaat hingga masa-masa yang akan datang,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri, aktif menjalankan program pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa Samiran Selo Boyolali Jawa Tengah sejak 2017 silam.

Memaksimalkan potensi pariwisata yang ada, Yayasan Damandiri, melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, tak henti melakukan berbagai terobosan dan inovasi program guna meningkatkan perekonomian warga.

Selama 5 tahun terakhir, Yayasan bentukan Presiden kedua RI HM Soeharto ini telah menjadi pionir pengembangan sejumlah unit usaha di sektor pariwisata baru di kawasan Selo.

Mulai dari mendirikan objek wisata Taman Merapi Garden, mendirikan Warung Cafe, membangun Kampung Homestay, hingga menggelontorkan akses pinjaman lunak ‘Modal Kita’ bagi warga desa Samiran.

Berkat berbagai macam program Yayasan Damandiri di sektor pariwisata inilah, desa Samiran kini berhasil berkembang pesat sebagai salah satu desa yang sangat maju dan berkembang khususnya di sektor pariwisata.

Lihat juga...