Tingkatkan Kualitas Kampus, UCY Perkuat Kerja Sama dengan Ferari

YOGYAKARTA, Cendana News — Sebagai upaya meningkatkan kualitas kampus serta lulusan, sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta, tak henti menjalin kerja sama dengan pihak lain khususnya para praktisi di dunia kerja.

Salah satunya seperti dilakukan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY). Belum lama ini UCY menggelar kegiatan evaluasi dan tindak lanjut MoU dengan Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) bertempat di kampus setempat.

Dihadiri Ketua DPD Ferari DIY, Ketua DPC Ferari Kota Yogyakarta, Wakil Rektor III UCY, Dekan Fakultas Hukum, Kaprodi hingga Kabiro, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kerjasama yang telah terjalin agar berjalan lebih konkrit.

Wakil Rektor III UCY, Farid Iskandar SH SHI MH, mengatakan kerjasama UCY dengan Ferari ini sangat penting sebagai bagian implementasi kurikulum Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Baik itu terkait kegiatan pertukaran narasumber, pertukaran knowledge, pelatihan dasar bagi mahasiswa, penelitian, hingga kegiatan pengabdian masyarakat.

“Kerjasama ini juga memiliki posisi sangat penting karena kita akan menghadapi penilaian akreditasi. Sehingga kita harapkan adanya kerjasama ini dapat membantu peningkatan status akreditasi UCY Khususnya di Fakultas Hukum,” katanya.

Farid berharap ke depan kerjasama UCY dan Ferari ini tidak sekedar mencakup Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) bagi mahasiswa saja, namun juga terkait hal-hal lain yang lebih luas.

Misalnya saja kegiatan untuk membatu penanganan kasus-kasus hukum di desa-desa pelosok. Sehingga akan lebih memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat kecil.

“Kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan Ferari ini kita harapkan akan mampu meningkatkan status akreditasi Fakultas Hukum UCY dari semula B atau Baik Sekali menjadi A atau unggul. Atau minimal mempertahankan yang sudah dicapai,” katanya.

Lihat juga...