Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Moseum Monjali Gelar Drama Teatrikal Hingga Berbagai Lomba

Jurnalis : Jatmika H Kusmargana

Sementara itu tahun ini, Moseum Monjali juga menyelenggarakan lomba mural dengan tema “Meneladani Perjuangan Kembalinya Penegakkan Kedaulatan Negara”. Lomba mural ini merupakan salah satu inovasi baru dari Museum Monjali dalam memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Lewat lomba mural ini diharapkan generasi muda dapat mengenang kembali jasa para pahlawan melalui karya seni. Adanya lomba mural ini juga menarik karena mampu menggabungkan unsur seni dan sejarah bangsa. Melalui lomba ini masyarakat disadarkan bahwa seni ternyata dapat menjadi salah satu cara dalam mengekspresikan serta menceritakan kisah sejarah bangsa kepada generasi penerus.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, yang turut hadir, menilai pentingnya penyelenggaraan kegiatan peringatan semacam ini sebagai bagian edukasi sejarah sekaligus menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di seluruh kalangan masyarakat khususnya generasi muda.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memaknai dan mengisi kemerdekaan yang telah diberikan pejuang pahlawan dengan kegiatan positif dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini bisa terus berjalan secara kontinyu. Karena edukasi tentang sejarah seperti ini tidak boleh hilang dan harus selalu diingat dan diperingati,” katanya.

Salah seorang pengunjung Moseum Monjali, Nadia, mengaku antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan Moseum Monjali pada peringatan peristiwa Serangan Umum 1 Maret ini. Datang bersama rombongan, siswa sekolah ini nampak terpukau dengan pertunjukan sosiodrama atau pementasan drama teatrikal yang dilakukan.

Lihat juga...